Pangdam V Brawijaya Hadiri Pemaparan Tanah Aset TNI-AD di Tulungagung
0 Komentar 113 pembaca

Pangdam V Brawijaya Hadiri Pemaparan Tanah Aset TNI-AD di Tulungagung

Daerah

Tulungagung, Harian Memo – Pangdam beserta jajaran hadiri Pemaparan Dandim 0807 berkaitan dengan Aset Tanah di  TNI-AD yang terletak di 3 (tiga) Kecamatan di Wilayah Kabupaten Tulungagung.

Kegiatan ini dihadiri oleh sekitar 50 orang terdiri dari Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI. Suharyanto, S. Sos., MM, Danrem 081/DSJ. Madiun Kolonel Waris Ari Nugroho, SE. M.Si., Dandim 0807 Letkol Ifn Mulyo Junaedi, Kapolres Tulungagung AKBP Handono Subiakto,   Bupati Tulungagung Drs. Maryoto Birowo, MM, Sekda Drs. Sukaji, Ketua DPRD Tulungagung dan jajaran terkait.

Kegiatan hari ini merupakan tindak lanjut dari rapat koordinasi pada tanggal 23 Juli 2020 di Gedung Praja Mukti Kabupaten Tulungagung, tentang perkara sengketa perdata antara warga eks Perkebunan Kaligentong berawal dari upaya TNI yang menetapkan lahan eks Perkebunan Kaligentong seluas 1.530 hektar yang berada di 5 (lima) Desa dan 3 (tiga) Kecamatan sebagai rampasan perang dan menjadi milik TNI-AD.

Dandim 0807 Letkol Inf Mulyo Junaedi memaparkan tentang sejarah perkebunan Kaligentong merupakan milik perusahaan Belanda, yang kemudian pada tahun 1960 pemerintah melakukan Nasionalisasi atas dasar penyelamatan aset Negara kepada Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) waktu tahun itu.

“Isinya surat keputusan melimpahkan kewenangan kepada TNI Kodam VII BRAWIJAYA yang sekarang jadi Kodam V Brawijaya sebagai pemenang hak kuasa,” paparnya.

Sementara itu, dalam sambutannya Bupati Tulungagung, Drs. Maryoto Birowo, MM., juga menyampaikan, bahwa warga Kabupaten Tulungagung yang berada di 3 (Tiga) Kecamatan yakni. Kecamatan Pucanglaban ( Desa Panggungkalak dan Kali Gentong), Kecamatan Kalidawir ( Desa Rejosari dan Kalibatur), dan Kecamatan Tanggungunung (Desa Kresikan) yang sampai saat ini sedang dalam sengketa lahan.

“Adapun proses dan upaya hukum telah dilalui oleh warga, melalui kuasa hukumnya mulai Pengadilan Negeri sampai upaya Hukum di tingkat kasasi yang mana semuanya di menangkan oleh Brigif 16/Wirayudha (TNI-AD),” ujarnya.

Dalam putusan pengadilan terkait masalah perkebunan Kaligentong ini tentunya banyak dari warga yang terdampak, ada kurang lebih 700 kk yang merasa kurang puas. Selaku Bupati Tulungagung berharap hal ini untuk kita sadari dan pedomi bersama, ini merupakan keputusan pengadilan dan semoga mendapat jalan terbaik bagi kedua pihak.

"Saya meminta kepada muspika di 3 Kecamatan dan kepada para Kepala Desa memberikan pengertian, edukasi kepada masyarakat agar mematuhi keputusan pengadilan tersebut dan mengajak masyarakat untuk mau relokasi ke tanah redis yang telah disiapkan pada masing-masing Kecamatan" tukasnya. (Pri)

Editor : A. Eko As

Author

BOX REDAKSI HARIAN MEMO & KRINDO
Profil BOX REDAKSI HARIAN MEMO & KRINDO

Diterbitkan: PT. KRIDO MEMO SEJAHTERA SURABAYA

Akte Notaris No: S-14408KT/WPJ. 11/KP. 0103/2019 | Gatot Triwaluyo, S.H.

SK Menkumham Nomer AHU: 0026821.AH.01.01.

NPWP: 92.225.727.4-604.000

Direktur Utama: H. Syamsul Arief.

Wakil Direktur: Karsudewo

Komisaris: Dony Dwi Chandra.

Pimpinan Perusahaan: Marini.

Penanggung Jawab/Pemimpin Redaksi: H. Syamsul Arif.

Penasehat Hukum/LBH: David Hulman Sinaga, SH., Adi Sutrisno,SH.,MB

Dewan Penasehat: H. Suhadak.

Dewan Redaksi: Syamsul Arief, Dony Dwi Chandra.

Redaktur Pelaksana: Eko Hidayat, A. Eko Asrory.

Team Investigasi: Supriyanto, Sumarsono, Alvian Tri R, Kusaini, S.Sos.

Wartawan : Akhmad Hery, Sutikno Arie, ST., Iwan, Yunus, Atik, Nurul Amin, Hafid Mauilidi, Suwarno Ms, Titi Ernawati, Edi Suyanto, Tarno R, Evi Mujiono, Deliyah, Herry Latansa, Selly Dia Agustina, SE., A. Zainuri, ABD Wahid, Tadji, Saifuddin Zuhri Anshori, Gugus Supriyanto, Yoseph Malo Bili, Yakub Agung, Suhardiman, Munir, Sholichan, Suharjono, Susilo Ani, Suparto, Tres, Maulana Fajar Fadillah, Devika Candra putra, Ahmad Zainul Mustaqim, Freddy.

Staff Redaksi: Sri Kolimah, Friska Alfan Fithroni, Ida Afidatul Aini, Muzayana, Anik, Syairul Rozi, Tisani Shanty.

Keamanan: M. Abdullah, M. Arifin, Rohman.

Design Grafis/Layout: Eko Hidayat, A. Eko Asrory.

Percetakan: Penerbitan Surat Kabar (Berita/isi External Tanggung Percetakan).

Kantor Redaksi: Jl. Veteran 144 - A, Lamongan dan Kantor Hukum, Advokat. David Sinaga & Mesias.

Telp: 081331223339

email: redaksi.harianmemoo@gmail.com

Wartawan Harian Memo dan Staff Redaksi dibekali Tanda Pengenal Press Card dan Namanya Tercantum di Susunan Box Redaksi, Apabila Tidak Terdaftar Bukan Tanggung Jawab Harian Memo.


Berita Terkait

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh

Komentar Facebook

Back to Top