Polres Tulungagung Ringkus Spesialis Perampok Nasabah BANK
0 Komentar 156 pembaca

Polres Tulungagung Ringkus Spesialis Perampok Nasabah BANK

Hukum Kriminal

Tulungagung, Harian Memo - Satreskrim Polres Tulungagung bekerja sama dengan Jajaran Polres Trenggalek, Polres Kediri, Polres Bantul, serta Subdit Jatanras Polda D.I.Y. berhasil meringkus kawanan spesialis Perampok dengan target nasabah Bank di Tulungagung. Senin (09/11/2020).

Kapolres Tulungagung, AKBP. Eva Guna Pandia, S.I.K., M.M.,M.H., dalam Konferensi Pers di halaman Mapolres Tulungagung mengatakan, bahwa sedikitnya ada lima pelaku yang berhasil diringkus Polisi yang berasal dari Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu.

“Masing-masing adalah RN berperan sebagai eksekutor, DN sebagai joki sedangkan JN dan ED berperan mengawasi target sedangkan TS berperan memasang paku pada ban kendaraan korban. Dari lima pelaku tersebut, TS adalah pelaku yang diamankan di sel tahanan Mapolres Tulungagung,” ujarnya.

Lanjut Kapolres AKBP. Eva Guna Pandia, S.I.K., M.M.,M.H., mengatakan, bahwa TS merupakan salah satu dari kawanan pencuri yang menggasak uang 135 juta milik korban yang bernama Widodo warga desa Tasikmadu, Kabupaten Trenggalek yang baru saja mengambil uang dari Bank BCA Tulungagung pada Selasa (03/11/2020) lalu, tepatnya di depan toko Ban Perkasa Desa/Kecamatan Boyolangu.

"Pelaku TS yang kita amankan saat ditangkap, dia melawan petugas dan mencoba melarikan diri sehingga petugas terpaksa di lumpuhkan dengan menembak kakinya. Sedangkan untuk tiga pelaku lainnya diamankan di Polres Kediri dan satunya lagi diamankan di Polres Trenggalek, yang dua lainnya masih DPO (Daftar Pencarian Orang)," terangnya.

Saat dilakukan penangkapan mereka sedang berada di sebuah tempat kos yakni di Desa Baturetno, Kecamatan Banguntapan, Kabupaten Bantul, Yogyakarta pada hari Sabtu (07/11/2020) kemarin sekira pukul 01.30 WIB.

“Dalam menjalankan operasinya, para pelaku tersebut sudah membagi tugas sesuai peran masing-masing dengan cara menggembos kendaraan di area parkir Bank. Mereka memasang paku yang ditempel pada sandal sebagai tempatnya agar posisi tetap berdiri, lalu diletakkan di depan salah satu ban mobil, dan ketika mobil ini berjalan otomatis paku menancap di ban," jelas Kapolres.

Setelah paku menancap pada ban, selang jarak beberapa kilo mobil berjalan, bannya akan kempes.

"Barulah kawanan ini menjalankan aksi selanjutnya hingga si eksekutor berperan mengambil uang targetnya, dan tentu ada peran yang mengalihkan perhatian saat beraksi tadi," ungkap Kapolres.

Dari hasil pengembangan ungkap kasus ini Polisi mencatat kawanan tersebut beraksi dengan modus yang sama. Bukan hanya di Tulungagung saja, namun juga beraksi di luar daerah lainnya, yaitu di TKP SPBU Trenggalek menggasak uang korban 40 juta (13/09/2020),

“di selatan SPBU Ngronggo Kediri menggasak uang korban 25 juta pada Oktober 2020, TKP Blitar kota menggasak 50 juta (04/11/2020), TKP Gondanglegi 25 juta pada Oktober 2020, TKP Pasuruan pada Oktober 2020 menggasak uang nasabah 65 juta dan TKP Kediri kota menggasak uang nasabah 185 juta pada 06/11/2020,” paparnya.

Adapun barang bukti yang berhasil diamankan Polisi antara lain, 2 buah HP,1 unit sepeda motor Suzuki satria nopol B 3127 URN, 1 buah ATM ,1 buah KTP, uang 1.239.000,1 buah paku,1 ban mobil,1 buah besi alat kikir, tas punggung, jaket, dompet dan lain-lainnya.

"Pelaku bakal dijerat dengan pasal 363 ayat 1 ke 4E yang ancaman hukumannya selama tujuh tahun penjara," tandasnya. (Priadhi)

Editor : A. Eko Asrory

Author

BOX REDAKSI HARIAN MEMO & KRINDO
Profil BOX REDAKSI HARIAN MEMO & KRINDO

Diterbitkan: PT. KRIDO MEMO SEJAHTERA SURABAYA

Akte Notaris No: S-14408KT/WPJ. 11/KP. 0103/2019 | Gatot Triwaluyo, S.H.

SK Menkumham Nomer AHU: 0026821.AH.01.01.

NPWP: 92.225.727.4-604.000

Direktur Utama: H. Syamsul Arief.

Wakil Direktur: Karsudewo

Komisaris: Dony Dwi Chandra.

Pimpinan Perusahaan: Marini.

Penanggung Jawab/Pemimpin Redaksi: H. Syamsul Arif.

Penasehat Hukum/LBH: David Hulman Sinaga, SH., Adi Sutrisno,SH.,MB

Dewan Penasehat: H. Suhadak.

Dewan Redaksi: Syamsul Arief, Dony Dwi Chandra.

Redaktur Pelaksana: Eko Hidayat, A. Eko Asrory.

Korlip Jatim: Sutikno Arie, ST, Iwan.

Kabiro Pantura:

Kabiro Gresik: Yunus.

Wartawan: Atik, Nurul Amin, Hafid Mauilidi, Suwarno Ms, Titi Ernawati, Edi Suyanto, Nuriman,

Kabiro Surabaya: Tarno R.

Wartawan: Evi Mujiono, Deliyah, Herry Latansa, Selly Dia Agustina, SE., Agus Sudrajat, A. Zainuri, ABD Wahid, Tadji, Saifuddin Zuhri Anshori, Ardi Santoso, Amelia Dwi Safitri, Freddy.

Wartawan Kediri: Heru Prasetyo.

Kabiro Tulungagung: Supriyadi.

Wartawan:

Kabiro Kalimantan Selatan (Kalsel): Yoseph Malo Bili.

Wartawan: Yakub Agung, Suhardiman, Indra.

Team Investigasi: Supriyanto, Sumarsono, Alvian Tri R, Kusaini, S.Sos.

Kabiro Lamongan: Sutikno Arie, ST.

Wartawan Lamongan: Akhmad Hery, Munir, Sholichan, Suharjono, Susilo Ani, Suparto, Maulana Fajar Fadillah, Ahmad Zainul Mustaqim.

Staff Redaksi: Sri Kolimah, Kandar, Friska Alfan Fithroni, Ida Afidatul Aini, Sriasih, Nur Sholikha, Muzayana, Anik, Syairul Rozi, Tisani Shanty.

Keamanan: M. Abdullah, M. Arifin, Rohman.

Design Grafis/Layout: Eko Hidayat, A. Eko Asrory.

Percetakan: Penerbitan Surat Kabar (Berita/isi External Tanggung Percetakan).

Kantor Redaksi: Jl. Veteran 144 - A, Lamongan dan Kantor Hukum, Advokat. David Sinaga & Mesias.

Telp: 081331223339

email: redaksi.harianmemoo@gmail.com

Wartawan Harian Memo dan Staff Redaksi dibekali Tanda Pengenal Press Card dan Namanya Tercantum di Susunan Box Redaksi, Apabila Tidak Terdaftar Bukan Tanggung Jawab Harian Memo.


Berita Terkait

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh

Komentar Facebook

Back to Top