Polres Tulungagung Luncurkan Program TAR
0 Komentar 54 pembaca
Foto/Ket : Ditlantas Pada Polda Jatim Bersama Kapolres dan Bupati Tulungagung.

Polres Tulungagung Luncurkan Program TAR

Daerah

Tulungagung, Harian Memo - Upaya nyata dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, Polres Tulungagung kembali meluncurkan program baru "Traffic Attitude Record" (TAR) sekaligus Tasyakuran Hari Jadi Satlantas Bhayangkara Ke-65 tahun 2020 yang di laksanakan di ruang Tribrata Mapolres Tulungagung, pada Senin, (21/09/2020).

Diawali dengan pemberian bantuan sosial kepada korban laka lantas oleh Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Jawa Timur, Kombes Pol. Latif Usman, S.I.K., M.H., lounching "Traffic Attitude Record" (TAR) turut dihadiri Bupati Tulungagung, Drs. Maryoto Birowo, M.M., Dandim 0807 Tulungagung, Letkol Inf. Mulyo Junaidi, S. E., M. Tr (Han), Sekda Tulungagung Drs. Sukaji, M.Si., bersama pejabat dilingkup Pemkab Tulungagung, Kapolres Tulungagung, AKBP. Eva Guna Pandia, S.I.K., M.M., M.H., Kasatlantas Polres Tulungagung, AKP. Aristianto Budi Sutrisno, S.H., S.I.K., M.H., PJU Polres Tulungagung beserta anggota.

Dalam sambutannya, Kapolres Tulungagung AKBP. Eva Guna Pandia, S.I.K., M.M., M.H., mengatakan bahwa Traffic Attitude Record (TAR) merupakan database pelanggaran dan kecelakaan lalulintas yang terkoneksi dengan SKCK Online Sat Intel Polres Tulungagung, Aplikasi SIM Ceria, serta TACS secara Online.

"Dengan pengembangan beberapa aplikasi yang menjadi inovasi, program ini dapat mewujudkan keamanan. Selain itu dengan TAR menjadi lebih mudah bagi masyarakat untuk melakukan pengurusan SKCK secara Online, SIM., maupun yang lain," ujarnya.

Kapolres juga mengungkapkan, bahwa "Traffic Attitude Record" (TAR) juga dapat di gunakan untuk kepentingan lainnya, seperti image processing/image analis untuk menghasilkan sebuah sistem seperti monitoring dan evaluasi dalam berbagai sistem-sistem virtual, infografis, maupun statistik secara on time, real time, dan any time.

“Traffic Attitude Record (TAR), merupakan Tehno crime prevention, yang dapat menunjukkan alogaritma road safety, serta merupakan inovasi pelayanan prima yang cepat, tepat, akurat, transparan, akuntabel, informatif, dan mudah di akses,” ungkapnya.

Dengan “Program Traffic Attitude Record" (TAR), Lanjut Kapolres, mendukung program pemerintah, untuk membangun ERP, ERC, e-Parking, e-Samsat, e-Banking, e- TLE, dan sebagainya. Akuntabilitas kepada publik secara moral, hukum, administrasi, dan fungsional.

"Reformasi birokrasi, inisiatif, anti korupsi dan terobosan kreatif, sebagai landasan mewujudkan Polantas yang profesional, cerdas, bermoral, dan unggul guna membangun budaya tertib berlalulintas," jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Ditlantas Polda Jawa Timur, Kombes Pol. Latif Usman, juga menyampaikan bahwa, inovasi TAR ini merupakan inovasi membangun budaya lalu lintas yang tertib, karena sampai saat ini perilaku masyarakat dalam hal transportasi belum tercatat/ter record dengan baik, sehingga dalam pelaksanaannya memaksa masyarakat untuk tertib belum ada .

"Oleh sebab itu tentunya menyambut baik adanya inovasi dari Tulungagung. Memang satu cita-cita bagaimana seluruh perilaku masyarakat dalam bertransportasi bisa tercapai," ujarnya.

Dengan sistem TAR yang terintegrasi ini menjadi bagian penting untuk membangun budaya tertib berlalu lintas, Lanjut Kombes Pol. Latif Usman, karena sistem ini akan dapat menganalisa data dan muncul pada aplikasi pendaftaran pada perpanjangan SIM secara Online.

"Sistem TAR di kaitkan dengan sistem e-tilang, dan TACS akan semakin akurat sistem pencatatan pelanggar lalu lintas maupun laka lantas," tandasnya.

Dalam acara tersebut, usai di lakukan lounching dan penandatanganan prasasti “Traffic Attitude Record" (TAR), oleh Ditlantas Polda Jawa Timur, Kombes Pol. Latif Usman, di lanjutkan dengan pemaparan Aplikasi “Traffic Attitude Record" (TAR), oleh Kasatlantas Polres Tulungagung, AKP. Aristianto Budi Sutrisno, S.H., S.I.K., M.H., yang di lanjutkan dengan tasyakuran memperingati Hari Jadi Satlantas Ke - 65, bersama Bupati Tulungagung. (Pri)

Editor : Eko As

Author

BOX REDAKSI HARIAN MEMO & KRINDO
Profil BOX REDAKSI HARIAN MEMO & KRINDO

Diterbitkan: PT. KRIDO MEMO SEJAHTERA SURABAYA

Akte Notaris No: S-14408KT/WPJ. 11/KP. 0103/2019 | Gatot Triwaluyo, S.H.

SK Menkumham Nomer AHU: 0026821.AH.01.01.

NPWP: 92.225.727.4-604.000

Direktur Utama: H. Syamsul Arief.

Wakil Direktur: Karsudewo

Komisaris: Dony Dwi Chandra.

Pimpinan Perusahaan: Marini.

Penanggung Jawab/Pemimpin Redaksi: H. Syamsul Arif.

Penasehat Hukum/LBH: David Hulman Sinaga, SH., Adi Sutrisno,SH.,MB

Dewan Penasehat: H. Suhadak.

Dewan Redaksi: Syamsul Arief, Dony Dwi Chandra.

Redaktur Pelaksana: Eko Hidayat, Ahmad Eko Asrory.

Korlip Jatim: Sutikno Arie, ST, Iwan.

Kabiro Pantura: Anwar.

Kabiro Gresik: Yunus.

Wartawan: Atik, Nurul Amin, Hafid Mauilidi, Suwarno Ms, Abdul Muiz, Titi Ernawati, Mansur, Edi Suyanto, Nuriman,

Kabiro Surabaya: Tarno R.

Wartawan: Evi Mujiono, Deliyah, Herry Latansa, Selly Dia Agustina, SE., Agus Sudrajat, A. Zainuri, ABD Wahid, Tadji, Saifuddin Zuhri Anshori, Ardi Santoso, Amelia Dwi Safitri

Wartawan Kediri: Heru Prasetyo.

Kabiro Tulungagung: Supriyadi.

Wartawan:

Kabiro Kalimantan Selatan (Kalsel): Yoseph Malo Bili.

Wartawan: Yakub Agung, Suhardiman, Indra.

Team Investigasi: Supriyanto, Sumarsono, Alvian Tri R, Kusaini, S.Sos.

Kabiro Lamongan: Sutikno Arie, ST.

Wartawan Lamongan:  Anwar, Akhmad Hery, Munir, Sholichan, Suharjono, Susilo Ani, Suparto, Maulana Fajar Fadillah, Ahmad Zainul Mustaqim.

Staff Redaksi: Sri Kolimah, Kandar, Friska Alfan Fithroni, Ida Afidatul Aini, Sriasih, Nur Sholikha, Muzayana, Anik, Syairul Rozi.

Keamanan: M. Abdullah, M. Arifin, Rohman.

Design Grafis/Layout: Eko Hidayat, Ahmad Eko Asrory.

Percetakan: Penerbitan Surat Kabar (Berita/isi External Tanggung Percetakan).

Kantor Redaksi: Jl. Veteran 144 - A, Lamongan dan Kantor Hukum, Advokat. David Sinaga & Mesias.

Telp: 081331223339/085607937000

email: redaksi.harianmemoo@gmail.com

Wartawan Harian Memo dan Staff Redaksi dibekali Tanda Pengenal Press Card dan Namanya Tercantum di Susunan Box Redaksi, Apabila Tidak Terdaftar Bukan Tanggung Jawab Harian Memo.

Iklan Tengah Detail Berita 665x140px

Berita Terkait

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh

Komentar Facebook

Back to Top