Rombongan Perguruan Pencak Silat Dihadang Gerombolan Orang Tak Dikenal di Lamongan
0 Komentar 2234 pembaca

Rombongan Perguruan Pencak Silat Dihadang Gerombolan Orang Tak Dikenal di Lamongan

Peristiwa

Lamongan, Harian Memo - Puluhan pendekar beratribut perguruan pencak silat (IPSNU) Pagar Nusa pada Rabu (05/8/20) kemarin, sekitar pukul 14.30 WIB. Terlibat bentrok dengan warga tak dikenal, tepatnya di jalan depan Balai Desa Karangtinggil, Dusun Mulung, Kecamatan Pucuk.

Akibat dari kejadian tersebut, dua pendekar Pagar Nusa mengalami luka memar pada kepala dan badan. Sementara lainnya luka ringan. Sebagian besar memar akibat lemparan batu dari puluhan pemuda yang menghadang rombongan tersebut. Saat petugas datang ke TKP, puluhan orang melarikan diri ke sawah dan masuk desa.

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun awak media ini dari salah satu Anggota Perguruan Pagar Nusa, mengatakan, bahwa pertikaian diduga sudah direncanakan. Bermula saat perguruan PN melakukan pengawalan persidangan salah satu anggota PN yang terbunuh beberapa waktu lalu. Sidang tersebut dilaksanakan di Pengadilan Negeri Surabaya. Sekitar 150 orang pesilat beratribut PN setelah menghadiri acara tersebut melakukan perjalanan pulang secara bersama-sama.

“Ketika melintas di depan gapura Desa Mulung, Kecamatan PUCUK. Sekelompok pemuda yang tidak tahu dari mana asalnya sudah berkumpul di depan gapura tersebut dengan menyiapkan batu untuk melempari rombongan tersebut,” ujaranya.

Sebagian pesilat PN dikabarkan turun dari motornya dan bermaksud masuk Desa. Namun, upaya tersebut dihadang petugas Polres kabupaten Lamongan yang melakukan pengawalan mulai dari gapura selamat datang (batas kota). Ketika itulah, anggota PN bernama EKA (25) terkena lemparan batu di bagian pundak hingga menyebabkan dia terjatuh dari motornya.

Kasus ini bermula pada 21 Maret 2020, saat 4 pesilat Pagar Nusa dikeroyok oleh puluhan orang tak dikenal di kawasan Menanggal Surabaya. Akibat pengeroyokan tersebut, Wahyu Eko Prasetyo salah satu anggota PSNU Pagar Nusa meninggal dunia saat dirawat di RSU dr. Soetomo Surabaya pada 3 April 2020.

Sementara menganggapi hal tersebut, Moch. Mahfud, selaku Ketua Pagar Nusa Cabang Lamongan menghimbau kepada semua anggota Pagar Nusa wilayah Lamongan agar tidak terpancing provokasi kejadian tersebut.

“Dibulan kemerdekaan ini seharusnya kita merenungi perjuangan para pahlawan yang telah gugur demi merebut kemerdekaan, mereka rela berkorban harta bahkan nyawa demi memperjuangkan kemerdekaan bangsa, kita yang sebagai generasi penerus bangsa seharusnya tidak melakukan hal-hal seperti itu, yang akan menimbulkan konflik antar anak bangsa sendiri,” tandas Ketua Pagar Nusa Cabang Lamongan. (As)

Editor : Eko As

Author

BOX REDAKSI HARIAN MEMO & KRINDO
Profil BOX REDAKSI HARIAN MEMO & KRINDO

Diterbitkan: PT. KRIDO MEMO SEJAHTERA SURABAYA

Akte Notaris No: S-14408KT/WPJ. 11/KP. 0103/2019 | Gatot Triwaluyo, S.H.

SK Menkumham Nomer AHU: 0026821.AH.01.01.

NPWP: 92.225.727.4-604.000

Direktur Utama: H. Syamsul Arief.

Wakil Direktur: Karsudewo

Komisaris: Dony Dwi Chandra.

Pimpinan Perusahaan: Marini.

Penanggung Jawab/Pemimpin Redaksi: H. Syamsul Arif.

Penasehat Hukum/LBH: David Hulman Sinaga, SH., Adi Sutrisno,SH.,MB

Dewan Penasehat: H. Suhadak.

Dewan Redaksi: Syamsul Arief, Dony Dwi Chandra.

Redaktur Pelaksana: Eko Hidayat, Ahmad Eko Asrory.

Korlip Jatim: Sutikno Arie, ST, Iwan.

Kabiro Pantura: Anwar.

Kabiro Gresik: Yunus.

Wartawan: Atik, Nurul Amin, Hafid Mauilidi, Suwarno Ms, Abdul Muiz, Titi Ernawati, Mansur, Edi Suyanto, Nuriman,

Kabiro Surabaya: Tarno R.

Wartawan: Evi Mujiono, Deliyah, Herry Latansa, Selly Dia Agustina, SE., Agus Sudrajat, A. Zainuri, ABD Wahid, Tadji, Saifuddin Zuhri Anshori, Ardi Santoso, Amelia Dwi Safitri

Kabiro Tulungagung: Supriyadi.

Wartawan:

Kabiro Kalimantan Selatan (Kalsel): Yoseph Malo Bili.

Wartawan: Yakub Agung, Suhardiman, Indra.

Team Investigasi: Supriyanto, Sumarsono, Alvian Tri R, Kusaini, S.Sos.

Kabiro Lamongan: Sutikno Arie, ST.

Wartawan Lamongan:  Anwar, Akhmad Hery, Munir, Sholichan, Suharjono, Susilo Ani, Suparto, Maulana Fajar Fadillah, Ahmad Zainul Mustaqim.

Staff Redaksi: Sri Kolimah, Kandar, Friska Alfan Fithroni, Ida Afidatul Aini, Sriasih, Nur Sholikha, Muzayana, Anik, Syairul Rozi.

Keamanan: M. Abdullah, M. Arifin, Rohman.

Design Grafis/Layout: Eko Hidayat, Ahmad Eko Asrory.

Percetakan: Penerbitan Surat Kabar (Berita/isi External Tanggung Percetakan).

Kantor Redaksi: Jl. Veteran 144 - A, Lamongan dan Kantor Hukum, Advokat. David Sinaga & Mesias.

Telp: 081331223339/085607937000

email: redaksi.harianmemoo@gmail.com

Wartawan Harian Memo dan Staff Redaksi dibekali Tanda Pengenal Press Card dan Namanya Tercantum di Susunan Box Redaksi, Apabila Tidak Terdaftar Bukan Tanggung Jawab Harian Memo.

Iklan Tengah Detail Berita 665x140px

Berita Terkait

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh

Komentar Facebook

Back to Top