Ketua LSM GMBI Lamongan Angkat Bicara Masalah Tragedi di RSUD Blambangan
0 Komentar 156 pembaca

Ketua LSM GMBI Lamongan Angkat Bicara Masalah Tragedi di RSUD Blambangan

Peristiwa

Lamongan, Harian Memo - Ketua distrik LSM GMBI (Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia) Lamongan akhirnya angkat bicara terkait tragedi pemukulan yang terjadi di RSUD Blabangan Banyuwangi yang Diduga dilakukan oleh oknum LSM GMBI Banyuwangi. Selasa (04/08/20).

Menurut Ali Sodikin saat ditemui awak media di kantornya yang beralamat di Desa Tawang Rejo, Kecamatan Turi menyampaikan, terkait adanya pemukulan atau keributan di RSUD Blambangan pihaknya rasa tidak berimbang dengan fakta di lapangan. Jika mengacu pada kronologis awal bahwa anggota LSM GMBI Banyuwangi yang sedang mengantarkan orang sakit kisaran tengah malam dengan kondisi yang benar-benar kritis dan keadaan muntah darah.

“Setiba di rumah sakit, penanganan pasien terkesan hanya asal-asalan saja dan pasien diminta untuk dipulangkan kembali dengan dalih bahwa Pasien tidak apa-apa, dan tidak dalam keadaan sakit serius dan hanya di anjurkan untuk rawat jalan saja,” ujarnya.

Melihat hal demikian dengan kondisi pasien yang sangat menghawatirkan dan karna didasari dengan panggilan nurani, serta menurut taman-teman LSM GMBI waktu itu jelas dirasa tidak masuk akal jika pasien harus di pulangkan dan rawat jalan.

Sebagai Aktivis LSM GMBI yang memiliki naluri kemanusian dan juga LSM GMBI sebagai lembaga sosial kontrol terhadap kinerja pelayanan terhadap masyarakat dibidang kesehatan, maka teman LSM GMBI menanyakan beberapa hal-hal pada petugas yang berada di RSUD Blambangan sesuai dengan tupoksinya. Sebagai rasa tanggung jawab saudara kami LSM GMBI Banyuwangi, karena mereka yang membawa pasien ke rumah sakit.

“Dengan situasi kondisi yang demikian teman-teman meminta keterangan Medis secara tertulis, namun jawaban dari petugas saat itu sangat tidak memuaskan dan cenderung tidak menghargai, terkesan menyepelekan dengan kesehatan pasien dan tetap tidak memberikan keterangan tertulis, dan bersikukuh bahwa menyatakan Pasien memang hanya sakit Ringan melalui jawaban lisan keterangan resmi secara tertulis tidak di berikan, sehingga timbullah kegaduhan adu mulut, saling bentak dengan petugas medis RSUD tersebut,” jelasnya.

Dari kejadian tersebut akhirnya dari pihak RSUD melaporkan lembaga LSM GMBI ke pihak berwajib, yakni Polresta Banyuwangi yang kami nilai ke tidak singkronan dengan data fakta di lapangan yang menurut anggota saudara kami juga tidak ada kekerasan fisik terhadap Dokter jaga sehingga mengalami luka.

Harapan kami, kepada pihak RSUD Blambangan juga introspeksi diri terkait pelayanan yang diberikan kepada masyarakat, dan Direktur RSUD Blambangan agar turun melihat dan menertibkan serta memberikan sangsi jika melihat jajaran dibawah-Nya yang tidak memberikan pelayanan terhadap masyarakat dengan baik,” prosedur boleh dipakai tetapi Urgensi seorang pasien harus juga diperhatikan,” harapnya.


Lebih lanjut Ali Sodikin menegaskan,” bahwa dalam kasus ini yang sudah dilakukan penyidikan dan penetapan tersangka oleh penyidik Polres Banyuwangi ini kami sangat hargai. Namun kami juga akan menyiapkan novum/pembuktian bahwa kinerja petugas RSUD Blambangan juga tidak profesional dan tidak mengedepankan asas kemanusian sebagai rumah sakit pemerintah, dan kemungkinan besar lembaga LSM GMBI akan melakukan pelaporan balik,” tegas Ali Sodikin.

Menurut Ali Sodikin bahwa LSM GMBI sebagai lembaga sosial Control dalam kasus yang terjadi ini adalah panggilan nurani, dan niatan murni demi masyarakat tanpa tendensi apa-apa. Kebenaran tetap akan menang dari kebatilan, karena GMBI adalah mengajarkan kami sebagai anak bangsa untuk menegakkan Amar Makruf Nahi Munkar berbakti untuk negeri. (Khan)

Editor : Eko As

Author

BOX REDAKSI HARIAN MEMO & KRINDO
Profil BOX REDAKSI HARIAN MEMO & KRINDO

Diterbitkan: PT. KRIDO MEMO SEJAHTERA SURABAYA

Akte Notaris No: S-14408KT/WPJ. 11/KP. 0103/2019 | Gatot Triwaluyo, S.H.

SK Menkumham Nomer AHU: 0026821.AH.01.01.

NPWP: 92.225.727.4-604.000

Direktur Utama: H. Syamsul Arief.

Wakil Direktur: Karsudewo

Komisaris: Dony Dwi Chandra.

Pimpinan Perusahaan: Marini.

Penanggung Jawab/Pemimpin Redaksi: H. Syamsul Arif.

Penasehat Hukum/LBH: David Hulman Sinaga, SH., Adi Sutrisno,SH.,MB

Dewan Penasehat: H. Suhadak.

Dewan Redaksi: Syamsul Arief, Dony Dwi Chandra.

Redaktur Pelaksana: Eko Hidayat, Ahmad Eko Asrory.

Korlip Jatim: Sutikno Arie, ST, Iwan.

Kabiro Pantura: Anwar.

Kabiro Gresik: Yunus.

Wartawan: Atik, Nurul Amin, Hafid Mauilidi, Suwarno Ms, Abdul Muiz, Titi Ernawati, Mansur, Edi Suyanto, Nuriman,

Kabiro Surabaya: Tarno R.

Wartawan: Evi Mujiono, Deliyah, Herry Latansa, Selly Dia Agustina, SE., Agus Sudrajat, A. Zainuri, ABD Wahid, Tadji, Saifuddin Zuhri Anshori, Ardi Santoso, Amelia Dwi Safitri

Wartawan Kediri: Heru Prasetyo.

Kabiro Tulungagung: Supriyadi.

Wartawan:

Kabiro Kalimantan Selatan (Kalsel): Yoseph Malo Bili.

Wartawan: Yakub Agung, Suhardiman, Indra.

Team Investigasi: Supriyanto, Sumarsono, Alvian Tri R, Kusaini, S.Sos.

Kabiro Lamongan: Sutikno Arie, ST.

Wartawan Lamongan:  Anwar, Akhmad Hery, Munir, Sholichan, Suharjono, Susilo Ani, Suparto, Maulana Fajar Fadillah, Ahmad Zainul Mustaqim.

Staff Redaksi: Sri Kolimah, Kandar, Friska Alfan Fithroni, Ida Afidatul Aini, Sriasih, Nur Sholikha, Muzayana, Anik, Syairul Rozi.

Keamanan: M. Abdullah, M. Arifin, Rohman.

Design Grafis/Layout: Eko Hidayat, Ahmad Eko Asrory.

Percetakan: Penerbitan Surat Kabar (Berita/isi External Tanggung Percetakan).

Kantor Redaksi: Jl. Veteran 144 - A, Lamongan dan Kantor Hukum, Advokat. David Sinaga & Mesias.

Telp: 081331223339/085607937000

email: redaksi.harianmemoo@gmail.com

Wartawan Harian Memo dan Staff Redaksi dibekali Tanda Pengenal Press Card dan Namanya Tercantum di Susunan Box Redaksi, Apabila Tidak Terdaftar Bukan Tanggung Jawab Harian Memo.

Iklan Tengah Detail Berita 665x140px

Berita Terkait

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh

Komentar Facebook

Back to Top