Terlilit Rentenir, Puluhan Warga Mengadu ke DPD LIRA Lamongan
0 Komentar 232 pembaca

Terlilit Rentenir, Puluhan Warga Mengadu ke DPD LIRA Lamongan

Peristiwa

Lamongan, Krindomemo.com - Bertempat di Pendopo Kelurahan Babat, Kabupaten Lamongan. Puluhan warga mengadukan permasalahannya ke dewan pimpinan daerah LIRA Kabupaten Lamongan, mereka mengadukan karena ke tidak berdayakannya terlilit hutang kepada rentenir yang dinilai mereka sangat memberatkan, sebab sebagian besar warga/Ibu-ibu itu dari kalangan menengah ke bawah, ada yang dari pedagang asongan dan ada juga yang ibu-ibu membantu mengatur lalu lintas.

Sementara itu perwakilan LIRA Lamongan yang tampak hadir yaitu Mifthakul Hakim (Pembina LIRA) Slamet Mulyono (Ketua), Saiful (Sekretaris), Saiin (Bendahara), Dinas Pemerintahan Hukum dan HAM atau juga LBH Sukawan Edy Darsono dan sebagian anggota LIRA.

Lila Ainul Liha salah satu perwakilan warga mengatakan, bahwa uang yang berjumlah 45 juta itu sekarang menjadi 126 juta, dan uang pinjaman senilai 45 itu kita pinjam secara berkelompok jumlah pinjaman antar warga juga tidak sama, pokoknya kalau di jadikan satu senilai 45 jt.

“Ini bukan kami aja yang minjam ke Ibu KTN, diluar sana masih banyak dan rata-rata juga keberatan dengan bunga sebesar itu, kami kemarin juga dipanggil pihak Polsek Babat untuk membicarakan ini,” ujarnya.

Menanggapi pengaduan warga, Slamet Mulyono selaku Ketua DPD LIRA Lamongan mengatakan, bahwa pihaknya siap membantu masyarakat yang butuh bantuan, dan pihaknya akan berupaya semaksimal mungkin untuk hasil yang terbaik bagi Masyarakat.

Memang LIRA hadir di Lamongan ini, guna menyerap aspirasi pengaduan dari masyarakat dan meneruskan serta membantu penyelesaian yang terbaik kepada pihak terkait,” ujar Selamet.

Lebih lanjut Slamet mengungkapkan,” Kalau mengenai permasalahan ini kita akan bantu semaksimal mungkin, agar para warga tidak terlalu berat dalam mengembalikan hutang piutang yang didalamnya ada bunga dari pinjaman itu sendiri, memang kami rasa kalau bunga segitu agak berat bagi ibu-ibu,” ungkap ketua LIRA Lamongan di depan para warga.

Sementara itu, Lembaga Bantuan Hukum ( LBH ) atau Kepala Dinas Pemerintahan Hukum dan HAM LIRA Lamongan Sukawan Edy Darsono, mengatakaan, Kita akan mengkaji permasalahan-permasalahan para warga yang berhubungan utang piutang kepada rentenir dengan semaksimal mungkin.

“Kita akan membantu dibidang hukum, karena para warga sudah dipanggil oleh pihak Polsek Babat, kita akan konfirmasi dan konsultasi sama Polsek Babat,” tandasnya. (As/Dwi)

Editor : Eko As

Author

BOX REDAKSI HARIAN MEMO & KRINDO
Profil BOX REDAKSI HARIAN MEMO & KRINDO

Diterbitkan: PT. KRIDO MEMO SEJAHTERA SURABAYA

Akte Notaris No: S-14408KT/WPJ. 11/KP. 0103/2019 | Gatot Triwaluyo, S.H.

SK Menkumham Nomer AHU: 0026821.AH.01.01.

NPWP: 92.225.727.4-604.000

Direktur Utama: H. Syamsul Arief.

Wakil Direktur: Karsudewo

Komisaris: Dony Dwi Chandra.

Pimpinan Perusahaan: Marini.

Penanggung Jawab/Pemimpin Redaksi: H. Syamsul Arif.

Penasehat Hukum/LBH: David Hulman Sinaga, SH., Adi Sutrisno,SH.,MB

Dewan Penasehat: H. Suhadak

Dewan Redaksi: Syamsul Arief, Dony Dwi Chandra.

Redaktur Pelaksana: Eko Hidayat, Ahmad Eko Asrory.

Korlip Jatim: Sutikno Arie, ST, Iwan.

Kabiro Pantura: Anwar.

Kabiro Gresik: Yunus.

Kabiro Surabaya: Tarno R.

Kabiro Tulungagung: Supriyadi.

Kabiro Kalimantan Selatan (Kalsel): Yoseph Malo Bili.

Team Investigasi: Supriyanto, Sumarsono, Alvian Tri R, Kusaini, S.Sos.

Wartawan: Atik, Yunus, Suwarno Ms, Anwar, Abdul Muiz, Titi Ernawati, Akhmad Hery, Munir, Mansur, Edi Suyanto, Nuriman, Amelia Dwi Safitri. Deliyah, Sholichan. Evi Mujiono, Miswanto, Suharjono, Selly Dia Agustina, SE., Agus Sudrajat, A. Zainuri, ABD Wahid, Tadji, Saifuddin Zuhri Anshori, Ardi Santoso, Susilo Ani, Suparto, Maulana Fajar Fadillah, Yakub Agung, Suhardiman, Ahmad Zainul Mustaqim.

Staff Redaksi: Sri Kolimah, Kandar, Friska Alfan Fithroni, Ida Afidatul Aini, Sriasih, Nur Sholikha, Muzayana, Anik, Syairul Rozi.

Keamanan: M. Abdullah, M. Arifin, Rohman.

Design Grafis/Layout: Eko Hidayat, Ahmad Eko Asrory.

Percetakan: Penerbitan Surat Kabar (Berita/isi External Tanggung Percetakan).

Kantor Redaksi: Jl. Veteran 144 - A, Lamongan dan Kantor Hukum, Advokat. David Sinaga & Mesias.

Telp: 081331223339/085607937000

email: redaksi.harianmemoo@gmail.com

Wartawan Harian Memo dan Staff Redaksi dibekali Tanda Pengenal Press Card dan Namanya Tercantum di Susunan Box Redaksi, Apabila Tidak Terdaftar Bukan Tanggung Jawab Harian Memo.

Iklan Tengah Detail Berita 665x140px

Berita Terkait

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh

Komentar Facebook

Back to Top