PT. Wijaya Putra Agung, Kerjakan Proyek Amburadul Diduga Tidak Sesuai RAB
0 Komentar 311 pembaca
Foto/Ket : Proyek yang Diduga Dikerjakan Tidak Sesuai RAB

PT. Wijaya Putra Agung, Kerjakan Proyek Amburadul Diduga Tidak Sesuai RAB

Peristiwa

Surabaya, Harian Memo - Proyek pemasangan U-ditch di Jl. Kauman RT. 03. RW. 06. Kelurahan Benowo. Kecamatan Pakal, Kota Surabaya, kangkangi Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor 12/PRT/M/2014. Tentang Penyelenggaraan Sistem Drainase Perkotaan (Permen PU 12/2014).

Pasalnya, di lokasi yang sedang dilakukan pemasangan U-ditch melanggar UU No. 14 tentang keterbukaan Informasi Publik yang dilakukan oleh PT. Wijaya Putra Agung dengan kontraktor Romli/Rendi.

Hal itu diperkuat ketika tim investigasi Harian Memo ke lokasi. Pelaksana (Udin) tidak membawa gambar proyek, padahal acuan kerja seorang pelaksana harus membawa gambar sehingga pekerjaan itu sesuai dengan standar operasional pengerjaan (SOP) dan tidak ada papan proyek yang sudah jelas diterapkan dalam Permendagri.

Tidak hanya itu, pemasangan U-ditch juga terlihat ngawur (asal-asalan), proyek Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga (PUBM) dan pemutusan ini menggunakan anggaran APBD 2020 sebesar Rp 768.429.870,02. Para pekerjanya tidak ada yang memakai alat pelindung diri (APD). Sehingga keamanan dan keselamatannya bisa terancam.

Di tempat terpisah Ketua LSM Deling Kuning, Samiaji menuturkan, bahwa proyek pemasangan U-ditch itu harus sesuai dengan RAB, kalau memang proyek itu ada penyimpangan dalam pengerjaan, Ya harus dibongkar kembali dan lebih parah lagi kontraktornya tidak mengindahkan keselamatan para pekerja yang tidak memakai APD.” Kalau memang proyek itu betul-betul menyimpang dari spek ya harus dilaporkan ke Kejaksaan,” ujarnya.

Sementara itu, Udin selaku pelaksana saat dikonfirmasi Harian Memo, Apakah proyek ini sesuai dengan Spek/RAB.?. Udin menjawab.” Yang namanya proyek itu pasti ada salahnya pak,” pungkas Udin.

Saat dipantau ke lokasi, pemasangan U-ditch di bawahnya diberi sedikit sertu yang seharusnya ketebalan sertu itu 10 cm. Bambu sebagai penahan U-ditch yang seharusnya 1,5 meter menjadi kurang lebih 0,80 – 1 meter, padahal kegunaannya sebagai penahan kekuatan U-ditch agar rata.

Ironisnya lagi, pemadatan kanan kiri bekas tanah galian yang seharusnya dibuang malah digunakan kembali untuk menguruk kanan kiri U-ditch tersebut. (Dewo)

Editor : Eko As

Author

BOX REDAKSI HARIAN MEMO & KRINDO
Profil BOX REDAKSI HARIAN MEMO & KRINDO

Diterbitkan: PT. KRIDO MEMO SEJAHTERA SURABAYA

Akte Notaris No: S-14408KT/WPJ. 11/KP. 0103/2019 | Gatot Triwaluyo, S.H.

SK Menkumham Nomer AHU: 0026821.AH.01.01.

NPWP: 92.225.727.4-604.000

Direktur Utama: H. Syamsul Arief.

Wakil Direktur: Karsudewo

Komisaris: Dony Dwi Chandra.

Pimpinan Perusahaan: Marini.

Penanggung Jawab/Pemimpin Redaksi: H. Syamsul Arif.

Penasehat Hukum/LBH: Adi Sutrisno,SH.,MB

Dewan Penasehat: H. Suhadak

Dewan Redaksi: Syamsul Arief, Dony Dwi Chandra.

Redaktur Pelaksana: Eko Hidayat, Ahmad Eko Asrory.

Korlip Jatim: Sutikno Arie, ST, Iwan.

Kabiro Pantura: Anwar.

Kabiro Gresik: Yunus.

Kabiro Surabaya: Tarno R.

Wartawan: Tadji

Kabiro Tulungagung: Supriyadi.

Team Investigasi: Supriyanto, Sumarsono, Alvian Tri R, Kusaini, S.Sos.

Wartawan: Atik, Yunus, Suwarno Ms, Anwar, Abdul Muiz, Titi Ernawati, Akhmad Hery, Munir, Mansur, Edi Suyanto, Nuriman, Amelia Dwi Safitri. Deliyah, Sholichan. Evi Mujiono, Miswanto, Suharjono, Selly Dia Agustina, SE., Agus Sudrajat, A. Zainuri, ABD Wahid, Saifuddin Zuhri Anshori, Ardi Santoso, Susilo Ani, Suparto.

Staff Redaksi: Sri Kolimah, Kandar, Friska Alfan Fithroni, Ida Afidatul Aini, Sriasih, Nur Sholikha, Muzayana, Anik, Syairul Rozi.

Keamanan: M. Abdullah, M. Arifin, Rohman.

Design Grafis/Layout: Eko Hidayat, Ahmad Eko Asrory.

Percetakan: Penerbitan Surat Kabar (Berita/isi External Tanggung Percetakan).

Kantor Redaksi: Jl. Veteran 144 - A, Lamongan dan Kantor Hukum, Advokat. David Sinaga & Mesias.

Telp: 081331223339/085607937000

email: redaksi.harianmemoo@gmail.com

Wartawan Harian Memo dan Staff Redaksi dibekali Tanda Pengenal Press Card dan Namanya Tercantum di Susunan Box Redaksi, Apabila Tidak Terdaftar Bukan Tanggung Jawab Harian Memo.

Iklan Tengah Detail Berita 665x140px

Berita Terkait

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh

Komentar Facebook

Back to Top