PELAKU PENCULIKAN DI NGABETAN-CERME DIGAGALKAN MASA SEBAB KORBAN TERIAK
0 Komentar 2625 pembaca

PELAKU PENCULIKAN DI NGABETAN-CERME DIGAGALKAN MASA SEBAB KORBAN TERIAK

Hukum Kriminal

Gresik, Harian Memo - Aksi percobaan penculikan anak di Kabupaten Gresik, Jawa Timur digagalkan polisi setempat. Saat ini pelaku mendekam di penjara. Meski pelaku bukan sindikat penculikan anak, orang tua tetap diimbau untuk selalu waspada.

Sebagai informasi, aksi penculikan tersebut terjadi pada kemarin malam di Dusun Sukorejo, Desa Ngabetan. Kecamatan Cerme, Pelaku berinisial AMM warga Desa Banjarsari, Kecamatan Cerme itu dibekuk petugas kepolisian setempat usai dihajar massa.

Korban bernama Selly Atalia Wahyukirana saat itu berusaha kabur dan meminta tolong kepada warga. Aksi itu berhasil sehingga anak 9 tahun itu berhasil kabur dari mobil pelaku.

Kapolres Gresik AKBP Kusworo Wibowo mengungkapkan, jika kejadian tersebut murni percobaan penculikan. Dari interogasi petugas, pelaku tega melakukan penculikan itu karena terimpit ekonomi.

Diungkapkan Kusworo, dari kasus ini, pelaku bukan dari sindikat penculikan anak. Kronologi setahun yang lalu, pelaku berkenalan dengan seseorang di aplikasi media sosial Mi Chat.

"Jadi bukan sindikat ya, dari teman media sosialnya itu, pelaku diiming-imingi sejumlah uang jika berhasil akan diberi uang," katanya usai konferensi pers di Mapolres Gresik, Selasa (4/2/2020).

Diungkapkan Kusworo, pelaku mengaku belum pernah melakukan komunikasi lanjutan kepada rekannya. Pelaku juga mengaku belum pernah bertemu dan hanya berkenalan lewat aplikasi Mi Chat setahun lalu.

"Suatu ketika teman medsos ini memberikan solusi keuangan dan akan dihargai dengan sejumlah nominal tertentu, jika berhasil menculik, jadi belum ada DP atau apa," tambahnya.

Atas perbuatannya, Kusworo mengaku pelaku akan dijerat dengan UU Perlindungan Anak Pasal 76 Nomor 35 tahun 2014, dengan hukuman maksimal 15 tahun penjara.

Mantan Kapolres Jember itu mengimbau kepada masyarakat agar tetap waspada dan terus memantau aktivitas anaknya ketika di luar rumah. Selain itu, Kusworo juga meminta kepada masyarakat agar tidak terlalu khawatir dengan kejadian tersebut.

"Jadi warga jangan terlalu khawatir dengan kejadian itu harus dijadikan pelajaran. Namun harus tetap di waspadai dengan kasus penculikan anak ini," ujarnya. (IN*)

Editor : Eko As

Author

BOX REDAKSI HARIAN MEMO & KRINDO
Profil BOX REDAKSI HARIAN MEMO & KRINDO

Diterbitkan: PT. KRIDO MEMO SEJAHTERA SURABAYA

Akte Notaris No: S-14408KT/WPJ. 11/KP. 0103/2019 | Gatot Triwaluyo, S.H.

SK Menkumham Nomer AHU: 0026821.AH.01.01.

NPWP: 92.225.727.4-604.000

Direktur Utama: H. Syamsul Arief.

Wakil Direktur: Karsudewo

Komisaris: Dony Dwi Chandra.

Pimpinan Perusahaan: Marini.

Penanggung Jawab/Pemimpin Redaksi: H. Syamsul Arif.

Penasehat Hukum/LBH: Adi Sutrisno,SH.,MB

Dewan Penasehat: H. Suhadak

Dewan Redaksi: Syamsul Arief, Dony Dwi Chandra.

Redaktur Pelaksana: Eko Hidayat, Ahmad Eko Asrory.

Korlip Jatim: Sutikno Arie, ST, Iwan.

Kabiro Pantura: Anwar.

Kabiro Gresik: Yunus.

Kabiro Surabaya: Tarno R.

Wartawan: Tadji

Kabiro Tulungagung: Supriyadi.

Team Investigasi: Supriyanto, Sumarsono, Alvian Tri R, Kusaini, S.Sos.

Wartawan: Atik, Yunus, Suwarno Ms, Anwar, Abdul Muiz, Titi Ernawati, Akhmad Hery, Munir, Mansur, Edi Suyanto, Nuriman, Amelia Dwi Safitri. Deliyah, Sholichan. Evi Mujiono, Miswanto, Suharjono, Selly Dia Agustina, SE., Agus Sudrajat, A. Zainuri, ABD Wahid, Saifuddin Zuhri Anshori, Ardi Santoso, Susilo Ani, Suparto.

Staff Redaksi: Sri Kolimah, Kandar, Friska Alfan Fithroni, Ida Afidatul Aini, Sriasih, Nur Sholikha, Muzayana, Anik, Syairul Rozi.

Keamanan: M. Abdullah, M. Arifin, Rohman.

Design Grafis/Layout: Eko Hidayat, Ahmad Eko Asrory.

Percetakan: Penerbitan Surat Kabar (Berita/isi External Tanggung Percetakan).

Kantor Redaksi: Jl. Veteran 144 - A, Lamongan dan Kantor Hukum, Advokat. David Sinaga & Mesias.

Telp: 081331223339/085607937000

email: redaksi.harianmemoo@gmail.com

Wartawan Harian Memo dan Staff Redaksi dibekali Tanda Pengenal Press Card dan Namanya Tercantum di Susunan Box Redaksi, Apabila Tidak Terdaftar Bukan Tanggung Jawab Harian Memo.

Iklan Tengah Detail Berita 665x140px

Berita Terkait

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh

Komentar Facebook

Back to Top