DUSUN NGASINAN (MENGANTI) GELAR SEDEKAH BUMI DAN HAUL LELUHUR
0 Komentar 158 pembaca

DUSUN NGASINAN (MENGANTI) GELAR SEDEKAH BUMI DAN HAUL LELUHUR

Peristiwa

Gresik, Harian Memo - Dikatakan karnaval juga bisa, akan tetapi kegiatan kali ini sebenarnya merupakan acara ruwatan Ndeso (sedekah bumi) Dusun Ngasinan, Desa Kepatihan, Kecamatan Menganti, Kabupaten Gresik, karena momennya saja yang bersamaan dengan acara 17an atau HUT RI ke-74 tahun dan di penanggalan Jawa yaitu bulan 16 Dzulhijjah 1440 H (Orang Jawa mengatakan bulan besar).

Berbagai pertunjukan yang dilakukan oleh warga Dusun Ngasinan (ogoh-ogoh, Tumpeng raksasa dan lain sebagainya) juga sanggatlah bervariasi, dan lebih hebohnya lagi seluruh warga Dusun Ngasinan kompak mengikuti ritual sedekah bumi, di mana ogoh-ogoh dan tumpeng raksasa yang sudah dipersiapkan sebelumnya, kini diusung/diarak dengan berjalan kaki mulai tempat acara berjalan hampir kurang lebih 1 Km, menuju Balai Desa dan kembali lagi ke tempat acara semula.

Sabtu (17/8) malam, warga melakukan acara pengajian dan kirim doa kepada leluhur-leluhurnya, dan pada puncak acara sedekah bumi kali ini, yakni pagelaran wayang kulit semalam suntuk dengan lakon Wisanggeni Lahir, di mana lokon tersebut pas dengan era-17an ini, sebab ditema 17 Agustus 2019 ini secara nasional momen HUT RI ke-74 tahun mengangkat tema “Indonesia unggul dan maju", Minggu (18/8).

Dengan lakon lahirnya pangeran Wisanggeni ini, berarti era anak mudah yang perkasa untuk bangkit dan unggul membangun negeri. Wisanggeni sendiri merupakan putra dari Pangeran Arjuna yang tampan, dan gagah perkasa juga pemberani.

"Mensyukuri segala nikmat dan karunia yang diberikan oleh Allah Swt kepada masyarakat kita, itulah tujuan acara sedekah bumi di Dusun Ngasinan ini,” ujar Zainudin selaku Kasun (Kepala Dusun).

Lebih lanjut menyampaikan, Kita sebagai pewaris leluhur, oleh karena itu kita senantiasa menjaga dan melestarikan budaya yang ada terutama di Dusan Ngasinan ini.

"Sengaja tema ruwatan kita usung lakon pewayangan seperti "Wisang Geni", diharapkan generasi-generasi di Dusun Ngasinan ke depan lebih unggul dan maju, dalam membangun Dusun Ngasinan lebih baik dari sekarang,” tandas Zainudin selaku Kepala dusun Ngasinan desa Kepatihan Kecamatan Menganti Kabupaten Gresik.(iwn)

Editor : Eko Asrory

Author

BOX REDAKSI HARIAN MEMO & KRINDO
Profil BOX REDAKSI HARIAN MEMO & KRINDO

Diterbitkan: PT. KRIDO MEMO SEJAHTERA SURABAYA

Akte Notaris No: S-14408KT/WPJ. 11/KP. 0103/2019 | Gatot Triwaluyo, S.H.

SK Menkumham Nomer AHU: 0026821.AH.01.01.

NPWP: 92.225.727.4-604.000

Direktur Utama: H. Syamsul Arief.

Komisaris: Dony Dwi Chandra.

Pimpinan Perusahaan: Marini.

Penanggung Jawab/Pemimpin Redaksi: H. Syamsul Arif.

Penasehat Hukum/LBH: Adi Sutrisno,SH.,MB

Dewan Penasehat: H. Suhadak

Dewan Redaksi: Syamsul Arief, Dony Dwi Chandra.

Redaktur Pelaksana: Eko Hidayat, Ahmad Eko Asrory.

Korlip Jatim: Sutikno Arie, ST, Iwan, Ainul Mukorobin.

Kabiro Jatim: R. Tarno.

Team Investigasi: Supriyanto, Sumarsono.

Wartawan: Sumantri, Atik, Yunus, Kastur, Suwarno Ms, Anwar, Abdul Muiz, Titi Ernawati, Akhmad Hery, Munir, Samsul Yahya, Mansur, Edi Suyanto, Nuriman, Amelia Dwi Safitri. Sholichan.

Staff Redaksi: Sri Kolimah, Kandar, Friska Alfan Fithroni, Ida Afidatul Aini, Sriasih, Nur Sholikha, Muzayana.

Keamanan: M. Abdullah, M. Arifin, Rohman.

Design Grafis/Layout: Eko Hidayat, Ahmad Eko Asrory.

Percetakan: Penerbitan Surat Kabar (Berita/isi External tanggung Percetakan.

Kantor Redaksi: Jl. Veteran 144 - A, Lamongan dan Kantor Hukum, Advokat. David Sinaga & Mesias.

Telp: 081331223339

email: redaksi.harianmemoo@gmail.com

Wartawan Harian Memo dan Staff Redaksi dibekali Tanda Pengenal Press Card dan Namanya Tercantum di Susunan Box Redaksi, Apabila Tidak Terdaftar Bukan Tanggung Jawab Harian Memo.

Iklan Tengah Detail Berita 665x140px

Berita Terkait

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh

Komentar Facebook

Back to Top