10 Bulan DPO, Ketua LSM Diringkus Satreskrim Polres Lamongan
0 Komentar 177 pembaca

10 Bulan DPO, Ketua LSM Diringkus Satreskrim Polres Lamongan

Hukum Kriminal

Lamongan, Harian Memo - Sepuluh bulan diburu pasca ditetapkan tersangka dan masuk daftar pencarian orang (DPO), Charif Anam (40), Ketua LSM Ilham Nusantara ditangkap Timsus Unit II Satreskrim Polres Lamongan, Jumat (14/9).

Penangkapan Anam, panggilan akrab tersangka ini setelah dua anggota LSM yang sama yakni Asikin (40) dan Sudi Harsono (43), terlebih dahulu ditangkap karena terbukti memeras Nurul Aziz, Kepala Desa Tambakmenjangan, Kecamatan Sarirejo, sebesar Rp 25 juta pada sepuluh bulan lalu.

Pemerasan tersebut dilakukan di salah satu rumah makan yang berada Jalan Suwoko. Setelah dilakukan pengembangan, dua anggota LSM yang ditangkap ini mengaku, bahwa apa yang dilakukan atas perintah dan skenario sang ketua, Charif Anam. Selanjutnya Anam ditetapkan tersangka dan masuk DPO Polres Lamongan.

"Tersangka ditangkap saat dalam perjalanan menuju calon korbannya, yang juga kades," ungkap Kasat Reskrim Polres Lamongan AKP Wahyu Norman Hidayat didampingi Kanit Tipiter Iptu Khusen

Polisi masih terus mengembangkan kasus ini karena ditengarai masih banyak korban yang berhasil diperdayai oleh Anam.

Tersangka selama sepuluh bulan ini memang diburu dan baru berhasil ditangkap di wilayah Gresik. Menurut keterangan polisi, pria warga Jalan Wringinkurung Desa Petung, Kecamatan Panceng, Kabupaten Gresik ini pernah bermarkas di Lamongan.

Ia pun diduga kuat merupakan aktor intelektual dari semua aksinya di Lamongan. "Dua anggotanya sebagai eksekutor," imbuh Norman.

Dalam pemeriksaan yang masih berjalan, Anam mengaku baru sekali melakukan pemerasan. Namun pengakuan itu dinilai penyidik sebagai keterangan yang disengaja untuk meringankan beban hukum yang dihadapi.

Banyak informasi yang masuk, kalau Anam cs banyak melakukan aksi pemerasan, seperti yang dilakukan terhadap Kades Nurul Aziz.

Bagi siapapun lanjut Norman, yang menjadi korban komplotan pemeras ini agar segera melapor ke polisi.

"Lapor saja jika pernah diperdayai tersangka," pungkas Norman. (Syamsul)

Author

Krindomemo
Profil Krindomemo

Diterbitkan : PT. KRIDO MEMO SEJAHTERA SURABAYA

Direktur Utama: H. Syamsul Arif, SH.

Pimpinan Perusahaan: Marini.

Penanggung Jawab/Pemimpin Redaksi: H. Syamsul Arif, SH.

Dewan Penasehat: H. Suhadak

Dewan Redaksi: Syamsul Arif, Dony Dwi Chandra.

Redaktur Pelaksana: Eko Hidayat.

Korlip Jatim: Karsudewo.

Team Investigasi: Supriyanto.

Wartawan: Sumantri, Atik, Yunus, Iwan SH, Harjo, Amelia Dwi Savitri, Suyanto, Kusaeni S. Sos, Nur Hadi, Husnul Maulana, Syamsul Arifin, Deliyah, Elvin Marvontius, Nurdi Satria, Eko Suyanto, Dwi Teguh Widodo, Abdul Manaf, Anwar, Zainuddin, Efawani Emiliyah, Supotro, Puthut Aji Suyoko, Rahmat Sukiyono, Ryan Haryanto, Fredy, Abdul Muis, Nafsiyah, Suwarno MS, Defi Prastyo Utomo, Wawan Eka Prasetya, Sukadi, Sri Purwati, Ponidi, Joko Wahyudianto, Ahmad Eko Asrory, Solichan, Titis Ermawati, Arkanus Solikhin.

Staff Redaksi: Yuneti, Desy Fatmawati, Dessy Himbarwana, Sri Kolimah, Kandar, Friska Alfan Fithroni, Ida Afidatul Aini.

Keamanan : M. Abdullah, M. Arifin, Rohman.

Design Grafis/Layout: Eko Hidayat.

Kantor Redaksi: Jl. Veteran 144 - A, Lamongan.

Telp: 082245119111/08563388405

email: redaksi.harianmemo@gmail.com

Iklan Tengah Detail Berita 665x140px

Berita Terkait

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh

Komentar Facebook

Back to Top