Wakil Ketua DPRD Gresik Mensosialisasikan Perda Tentang BUMDes di Kecamatan Menganti
0 Komentar 42 pembaca

Wakil Ketua DPRD Gresik Mensosialisasikan Perda Tentang BUMDes di Kecamatan Menganti

Politik Pemerintahan

Gresik, Harian Memo - Nur Qolib selaku wakil ketua DPRD Gresik mensosialisasikan PERDA nomer 3 tahun 2017 tentang badan usaha milik desa (BUMDes) sebagai produk baru aturan yang ada di Kabupaten Gresik.

Hadir dalam acara tersebut sebagai pembicara antara lain, Tursilowanto S.Ip, MM (kadin PMD), Drs. Herman Sianturi MM (kadis LH) diwakilkan karena berhalangan hadir, Agus Setyanta S.Sos (Direktur BUMDes Amarta) Sleman Yogyakarta dan beberapa Kepala Desa yang ada di wilayah Menganti dan Kedamean serta juga ketua AKD gresik, Kapolsek dan Danramil 0817/04 Menganti.

Dalam sambutan Nur qolib menyampaikan bahwa dengan adanya payung hukum tentang BUMDes ini diharapkan Kepala Desa bisa mengembangkan BUMDes yang sudah ada sehingga bisa membawa Desa lebih maju dan mandiri ."tuturnya.

Sengaja kami angkat tema melalui BUMDes ini nanti bisa mengelola sampah menjadi uang dan kita prakarsai melalui Gerbang Gresik membangun Gresik dari desa-desa mandiri 2021, tambahnya.

Selanjutnya teknis pengelolaan sampah menjadi manfaat mendatangkan rejeki bagi masyarakat, materi tersebut disampaikan Agus Setyanta (Direktur BUMDes Amarta) melalui pemutaran video bagaimana teknis operasionalnya.

Pengelolaan sampah mandiri berbasis komunitas dengan model pengelolaan sampah individu atau kelompok (salah satu model alternatif) untuk menyelesaikan persoalan sampah, lanjutnya.

Apa BUMDes itu ? badan usaha keseluruhan atau sebagian besar modalnya dimiliki oleh Desa, modal Desa berupa uang atau kekayaan desa yang dipisahkan (APBDes), kemanfaatan orientasi BUMDes ada 2 yakni manfaat sosial dan ekonomi, papar Agus.

Sementara Tursilowanto Hariogi memaparkan untuk mengajak Kepala Desa dan ketua Bumdes untuk mengimpletasikan program desa mandiri untuk menambah pendapatan anggaran desa (PAD) dan untuk memperdayakan masyarakat. (Iwan)

Author

Krindomemo
Profil Krindomemo

Diterbitkan : PT. KRIDO MEMO SEJAHTERA SURABAYA

Direktur Utama: H. Syamsul Arif, SH.

Pimpinan Perusahaan: Marini.

Penanggung Jawab/Pemimpin Redaksi: H. Syamsul Arif, SH.

Dewan Penasehat: H. Suhadak

Dewan Redaksi: Syamsul Arif, Dony Dwi Candra.

Redaktur Pelaksana: Eko Hidayat.

Korlip Jatim: Karsudewo.

Team Investigasi: Supriyanto.

Wartawan: Sumantri, Atik, Yunus, Iwansyah, Harjo, Amelia Dwi Savitri, Suyanto, Kusaeni S. Sos, Nur Hadi, Husnul Maulana, Syamsul Arifin, Deliyah, Elvin Marvontius, Nurdi Satria, Eko Suyanto, Dwi Teguh Widodo, Abdul Manaf, Anwar, Supotro, Rahmat H, Ryan Haryanto, Fredy, Abdul Muis, Nafsiyah, Suwarno MS, Wawan Eka Prasetya, Sukadi, Sri Purwati, Ponidi, Joko Wahyudianto, Ahmad Eko Asrory, Solichan.

Staff Redaksi: Yuneti, Desy Fatmawati, Dessy Himbarwana, Sri Kolimah, Kandar, Friska Alfan Fithroni, Ida Afidatul Aini.

Design Grafis/Layout: Eko Hidayat.

Kantor Redaksi: Jl. Veteran 144 - A, Lamongan.

Telp: 082245119111/08563388405

email: redaksi.harianmemo@gmail.com

Iklan Tengah Detail Berita 665x140px

Berita Terkait

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh

Komentar Facebook

Back to Top