Tudingan Panwaslu Surabaya Terhadap Khofifah Mendapat Reaksi Keras Dari Berbagai Pihak
0 Komentar 327 pembaca

Tudingan Panwaslu Surabaya Terhadap Khofifah Mendapat Reaksi Keras Dari Berbagai Pihak

Daerah

Surabaya, Harian Memo - Tudingan yang dilontarkan oleh Panwaslu Kota Surabaya terkait kunjungan Khofifah Indar Paranwansa ke Gereja Mawar Saron yang berada diruko Sukomanunggal Town Square pada hari Rabu 28 Februari lalu, mendapat reaksi tegas dari berbagai pihak.

Sebab Komisioner Panwaslu Kota Surabaya, bagian Devisi Hukum dan Penanganan Pelanggaran, Novli Tyhssen menilai, kunjungan Pasangan Calon (Paslon) Gubenur Provinsi Jawa Timur, dengan nomer urut Satu itu dinilai berpontensi melanggar larangan berkampanye dalam pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada).

"Undang-Undang nomor 10 tahun 2016 tentang pemilukada pasal 69 huruf i secara tegas melarang setiap pasangan calon untuk berkampanye di tempat ibadah. Hasil pengawasan yang kami temukan telah cukup bukti dan akan kami proses secara hukum," ujar Novli dalam keterangan tertulisnya, seperti yang dikutip dari SPN.

Namun, tudingan itu langsung mendapat reaksi tegas oleh politisi Partai Nasional Demokrasi (Nasdem) Surabaya, Vinsensius Awey yang juga anggota DPRD surabaya.

Politisi yang akrap disapa bang Awey itu mengaku, pada saat kunjungan dirinya juga ikut mendampingi acara silahturahmi tersebut.

"Acara silahturahmi Khofifah tidak dalam suasana ibadah, dan bukan bertemu didalam rumah ibadah Gereja. Melainkan dikantor kesekretariatan Sinode Gereja Mawar Saron," tutur Awey

Lebih lanjut, Awey menambahkan, bahwa kunjungan itu bukan pertemuan tertutup, karena terakhir juga hadir di ruang itu dua Panwascam yang dipersilahkan masuk kedalam. Namun media memang tidak diperbolehkan masuk dan meliput karena tuan rumah merasa tidak terbiasa berbicara ditengah bidikan kamera, cahaya blits dan ada kekhawatiran oleh tuan rumah terkait isi pemberitaannya."

Pernyataan dan tudingan Panwaslu Kota Surabaya (Novli Thyssen) tersebut juga dibantah oleh Panwascam Sukomanunggal, Robert. Menurutnya, kategori kampanye itu disertai dengan pengumpulan massa dan pemasangan alat peraga kampanye.

"Tidak ada semua itu, makanya saya sudah membuat laporan berita acara resmi ke Bawaslu yang diterima langsung oleh Ketua yakni bapak Hadi Margono, yang isinya tidak ditemukan pelanggaran di kegiatan tersebut," papar Robert.

Lanjut Robert, bahwa acara kunjungan Khofifah tidak dalam rangka kampanye dan tidak ada acara pemaparan visi dan Misi sebagai Cagub Jatim, dan juga tidak ada alat peraga kampanye. Jadi tidak ada pelanggaran apapun, karena hanya murni kunjungan silaturhami, untuk mempererat masyarakat Jatim di lintas agama.

"Karena saya juga sempat klarifikasi langsung, dan saya dipersilahkan masuk, jadi tidak benar kalau dikatakan tertutup," pungkasnya.

Wartawan : Karsudewo
Editor : Eko Hidayat.

Author

Krindomemo
Profil Krindomemo

Diterbitkan : PT. KRIDO MEMO SEJAHTERA SURABAYA

Direktur Utama: H. Syamsul Arif, SH.

Pimpinan Perusahaan: Marini.

Penanggung Jawab/Pemimpin Redaksi: H. Syamsul Arif, SH.

Dewan Penasehat: H. Suhadak

Dewan Redaksi: Syamsul Arif, Dony Dwi Chandra.

Redaktur Pelaksana: Eko Hidayat.

Korlip Jatim: Karsudewo.

Team Investigasi: Supriyanto.

Wartawan: Sumantri, Atik, Yunus, Iwan SH, Harjo, Amelia Dwi Savitri, Suyanto, Kusaeni S. Sos, Nur Hadi, Husnul Maulana, Syamsul Arifin, Deliyah, Elvin Marvontius, Nurdi Satria, Eko Suyanto, Dwi Teguh Widodo, Abdul Manaf, Anwar, Zainuddin, Efawani Emiliyah, Supotro, Puthut Aji Suyoko, Rahmat Sukiyono, Ryan Haryanto, Fredy, Abdul Muis, Nafsiyah, Suwarno MS, Defi Prastyo Utomo, Wawan Eka Prasetya, Sukadi, Sri Purwati, Ponidi, Joko Wahyudianto, Ahmad Eko Asrory, Solichan, Titis Ermawati, Arkanus Solikhin.

Staff Redaksi: Yuneti, Desy Fatmawati, Dessy Himbarwana, Sri Kolimah, Kandar, Friska Alfan Fithroni, Ida Afidatul Aini.

Keamanan : M. Abdullah, M. Arifin, Rohman.

Design Grafis/Layout: Eko Hidayat.

Kantor Redaksi: Jl. Veteran 144 - A, Lamongan.

Telp: 082245119111/08563388405

email: redaksi.harianmemo@gmail.com

Iklan Tengah Detail Berita 665x140px

Berita Terkait

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh

Komentar Facebook

Back to Top