Jaranan Turonggo Jati Saputro Iringi Kirab Ancak Desa Made
0 Komentar 106 pembaca
Kesenian Jaranan Turonggo Jati Saputro dari Sambisari - Surabaya.

Jaranan Turonggo Jati Saputro Iringi Kirab Ancak Desa Made

Peristiwa

Surabaya, Harian Memo - Setiap daerah memiliki adat istiadat tersendiri, berbagai macam upacara dan kegiatan dilakukan untuk memperingati acara sedekah bumi. Budaya nusantara di Indonesia masih kental, walau kini lambat laon terkikis oleh era modern.

Masih terasa tradisi budayanya, yang mensyukuri atas hasil bumi yang melimpah dengan kegiatan yang biasa kita sebut Sedekah Bumi atau dalam bahasa jawa Tegal Desa (Tegal Deso). Tegal Desa atau tegal Deso di dusun Made Kelurahan Made Kecamatan Sambikerep, Surabaya seperti acara syukuran pada umumnya, yaitu membuat makanan dari hasil panen dan dibagikan pada orang-orang yang mereka kenal, seperti saudara, tetangga, hingga kerabat lain.

Berbagai adat istiadat dan budaya sangat bervariasi dan menjadi keunikan di wilayah itu tersendiri. Yang menjadikan jati diri bangsa Indonesia di mata dunia, dengan banyaknya suku adat. Kemeriahan ini ditandai dengan kirab ancak yang diarak dengan bermacam-macam hasil pertanian yang dibawa masing-masing RW se desa Made.

Menurut Sukip, Minggu (29/10/2017), selaku ketua RW 02 Kelurahan Made mengatakan, tradisi ini merupakak wujud untuk berterima kasih, bersyukur atas berkah yang diberikan oleh tuhan yang maha esa berupa hasil bumi yang memakmurkan masyarakat. “Kegiatan Tegal Deso diisi berbagai acara, seperti kirap ancak (buah-buahan) maupun bucet yang di arak oleh warga mulai dari Kelurahan menuju punden Singo Joyo dengan diiringi oleh kesenian jaranan Turonggo Jati Saputro dari Sambisari - Surabaya. Dalam acara ruwatan desa ini selaku warga swadaya RW 02 menurunkan ancak dengan bentuk naga yang sisiknya terbuat dari kue kucur sebanyak 1.701 (seribu tujuh ratus satu) dan hasil bumi seberat satu kwintal yang dirangkai selama sebelas hari dengan menghabiskan biaya berkisar 5 jutaan. Ancak tersebut dipersembahkan untuk danyang (penunggu) kampung Made melalui tetenger atau pertanda punden Singo Joyo yang berada di dusun Made Kelurahan Made Kecamatan Sambikerep.

Tradisi ini bagi masyarakat penganut kepercayaan tertentu dianggap sebagai sarana dapatkan keselamatan agar orang terbebas dari segala macam kesialan hidup dan nasib buruk. Bagi yang percaya, ruwatan adalah sebuah upaya membersihkan diri dari sengkala dan sukerta (dosa dan sial) akibat perbuatan jahat diri sendiri, orang lain maupun akibat gangguan mahluk halus. “Acara kirab ini juga sebagai bentuk memupuk kesadaran gotong royong dalam kehidupan bermasyarakat,” tambah salah satu warga (Ki Lutfi).

Dari pantauan harian memo, acara Ruwat Bumi ini dihibur oleh kesenian jaranan Turonggo Jati Saputro dari Sambisari – Surabaya disertai dengan penari cilik yang sudah terlatih dan professional. Seperangkat gamelan tersebut digunakan sebagai pengiring nyanyian atau kawih pengiring pun di tabuh oleh anak anak.

Bucet dan ancak dibagikan ke warga dan dimakan bersama-sama mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Selain kaya akan tradisi, Desa Made ini pun tak luput dari melimpahnya makanan khas dengan berbagai macam bentuk budaya. (Eko Hidayat)

Author

Krindomemo
Profil Krindomemo

Diterbitkan : PT. KRIDO MEMO SEJAHTERA SURABAYA

Direktur Utama: H. Syamsul Arif, SH.

Pimpinan Perusahaan: Marini.

Penanggung Jawab/Pemimpin Redaksi: H. Syamsul Arif, SH.

Dewan Penasehat: H. Suhadak

Dewan Redaksi: Syamsul Arif, Dony Dwi Candra.

Redaktur Pelaksana: Eko Hidayat.

Korlip Jatim: Karsudewo.

Team Investigasi: Supriyanto.

Wartawan: Sumantri, Atik, Yunus, Iwansyah, Harjo, Amelia Dwi Savitri, Suyanto, Kusaeni S. Sos, Nur Hadi, Husnul Maulana, Syamsul Arifin, Deliyah, Elvin Marvontius, Nurdi Satria, Eko Suyanto, Dwi Teguh Widodo, Abdul Manaf, Anwar, Zainuddin, Efawani Emiliyah, Supotro, Puthut Aji Suyoko, Rahmat Sukiyono, Ryan Haryanto, Fredy, Abdul Muis, Nafsiyah, Suwarno MS, Defi Prastyo Utomo, Wawan Eka Prasetya, Sukadi, Sri Purwati, Ponidi, Joko Wahyudianto, Ahmad Eko Asrory, Solichan.

Staff Redaksi: Yuneti, Desy Fatmawati, Dessy Himbarwana, Sri Kolimah, Kandar, Friska Alfan Fithroni, Ida Afidatul Aini.

Keamanan : M. Abdullah, M. Arifin, Rohman.

Design Grafis/Layout: Eko Hidayat.

Kantor Redaksi: Jl. Veteran 144 - A, Lamongan.

Telp: 082245119111/08563388405

email: redaksi.harianmemo@gmail.com

Iklan Tengah Detail Berita 665x140px

Berita Terkait

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh

Komentar Facebook

Back to Top