Aparat Kepolisian, Anggota TNI dan Trantib Melaksanakan Simulasi Penanganan Konflik Pilkades Gresik
0 Komentar 149 pembaca

Aparat Kepolisian, Anggota TNI dan Trantib Melaksanakan Simulasi Penanganan Konflik Pilkades Gresik

Politik Pemerintahan

Gresik, Harian Memo - aparat kepolisian yang dibantu trantib, dan anggota TNI melaksanakan simulasi penanganan konflik sosial, Rabu (25/10/2017).
Acara simulasi tersebut dilaksanakan di depan Kantor Pemkab Gresik di Jl. Dr. Wahidin Sudirohusodo No. 245, Kembangan, Gresik, Kabupaten Gresik, Jawa Timur menjelang pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak di 18 kecamatan se-Kabupaten Gresik.

Polisi menggelar simulasi yang seakan-akan terjadi kerusuhan di salah satu desa yang menyelenggarakan pilkades. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi adanya kejadian yang tidak diinginkan menjelang Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) pada tanggal 28 sampai dengan 30 Oktober 2017 mendatang.

Dalam simulasi tersebut, massa tidak puas lalu berbuat anarkis, namun berhasil diredam oleh aparat kepolisian yang dibantu trantib, dan anggota TNI.

"Simulasi ini sebagai bentuk kesiapan dalam menghadapi pesta demokrasi, dan menjaga keamanan jika terjadi aksi,atau kerusuhan saat pilkades mendatang," kata Bupati Sambari Halim Radianto melalui beritajatim.com.

Masih menurut Sambari, meski hanya di tingkat desa, namun pilkades juga memiliki potensi untuk terjadi konflik atau kerusuhan. "Simulasi penanganan konflik sosial ini dimaksudkan untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan karena Pemkab Gresik akan melaksanakan event pemilihan kepala desa mendatang."

"Pilkades juga berpotensi terjadi konflik jika ada pihak-pihak yang tidak puas dengan hasilnya. Kami mewakili Pemkab Gresik menyambut baik kegiatan simulasi ini, agar nanti jika terjadi sesuatu, pihak berwajib tahu apa yang harus dilakukan," ujarnya.

Ia menambahkan, sebelum pelaksanaan pilkades serentak berharap kepada setiap desa penyelenggara pemilu, agar mematuhi setiap peraturan-peraturan yang berlaku. Sebab, dengan mentaati peraturan maka mampu mencegah terjadinya konflik maupun kerusuhan.

"Kepada semua elemen masyarakat agar bersatu padu menyukseskan pelaksanaan pilkades serentak dan mari bersama-sama menjaga situasi agar tetap kondusif," tambahnya.

Wartawan : Yunus
Editor : Eko Hidayat

Author

Krindomemo
Profil Krindomemo

Diterbitkan : PT. KRIDO MEMO SEJAHTERA SURABAYA

Direktur Utama: H. Syamsul Arif, SH.

Pimpinan Perusahaan: Marini.

Penanggung Jawab/Pemimpin Redaksi: H. Syamsul Arif, SH.

Dewan Penasehat: H. Suhadak

Dewan Redaksi: Syamsul Arif, Dony Dwi Chandra.

Redaktur Pelaksana: Eko Hidayat.

Korlip Jatim: Karsudewo, Sutikno Arie, ST.

Team Investigasi: Supriyanto.

Wartawan: Sumantri, Atik, Yunus, Iwan SH, Harjo, Amelia Dwi Savitri, Suyanto, Kusaeni S. Sos, Nur Hadi, Husnul Maulana, Syamsul Arifin, Deliyah, Elvin Marvontius, Nurdi Satria, Eko Suyanto, Dwi Teguh Widodo, Abdul Manaf, Anwar, Zainuddin, Efawani Emiliyah, Supotro, Puthut Aji Suyoko, Rahmat Sukiyono, Ryan Haryanto, Fredy, Abdul Muis, Nafsiyah, Suwarno MS, Defi Prastyo Utomo, Wawan Eka Prasetya, Sukadi, Sri Purwati, Ponidi, Joko Wahyudianto, Ahmad Eko Asrory, Solichan, Titis Ermawati, Arkanus Solikhin, Akhmad Hery.

Staff Redaksi: Yuneti, Desy Fatmawati, Dessy Himbarwana, Sri Kolimah, Kandar, Friska Alfan Fithroni, Ida Afidatul Aini.

Keamanan : M. Abdullah, M. Arifin, Rohman.

Design Grafis/Layout: Eko Hidayat.

Kantor Redaksi: Jl. Veteran 144 - A, Lamongan.

Telp: 082245119111/08563388405

email: redaksi.harianmemo@gmail.com

Iklan Tengah Detail Berita 665x140px

Berita Terkait

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh

Komentar Facebook

Back to Top