Kepulauan Perawan Ini Jadi Destinasi Wisata Berkelas Dunia
0 Komentar 52 pembaca

Kepulauan Perawan Ini Jadi Destinasi Wisata Berkelas Dunia

Wisata

Harian Memo – Wisata bahari di Provinsi Aceh memang tidak ada habisnya. Selain Sabang, potensi wisata di Kepulauan Banyak juga cukup diperhitungkan.
Kepulauan Banyak terdiri dari gugusan pulau-pulau yang berjumlah 99 pulau yang terletak di antara dua Kecamatan, yaitu Kecamatan Pulau Banyak dan Kecamatan Pulau Banyak Barat, Kabupaten Aceh Singkil.
Tempat ini masih perawan. Keindahan alamnya masih alami, natural, dan jarang dijamah. Hampir semua gugusan Kepulauan Banyak memiliki pantai berpasir putih bersih, dan memiliki air laut jernih.
Saking jernihnya pemandangan bawah laut bisa dinikmati dari permukaan laut tanpa harus menyelam. Apalagi pulau-pulau tersebut sebagian besar tidak berpenghuni.
Hanya beberapa pulau yang dihuni masyarakat seperti Pulau Banyak, Teluk Nibung, dan Pulau Tuanku. Selain itu, hanya resor-resor sederhana, dan bungalo tempat menginap yang dikelola oleh masyarakat setempat.
Meski belum terkenal, namun objek wisata Kepulauan Banyak sudah dikenal hingga mancanegara. Sebab selain wisatawan lokal, wisatawan mancanegara juga berdatangan di wilayah kepulauan ini.
Wisatawan asing kerap memilih Kepulauan Banyak sebagai tujuan lokasi wisata karena keindahan alam bawah lautnya. Serta ombak laut yang memancing adrenalin untuk berselancar, serta kemunculan penyu hijau di Pulau Bangkaru, yang merupakan kawasan Balai Konservasi dan Sumber Daya Alam (BKSDA).
“Bila ini dikelola dengan serius, Kepulauan Banyak bisa menjadi destinasi wisata berkelas dunia,” ujar Ketua Himpunan Pramuwisata (HPI) Aceh Singkil, Satiman.
Lokasi ini banyak dikunjungi kapal pesiar yang datang dari berbagai belahan dunia. Mulai dari wisatawan asal Belanda, Rusia, Prancis, Amerika hingga dari Asia seperti Jepang.
Seperti Matt Girlardo (27 tahun), wisatawan asal Prancis yang mengetahui Kepulauan Banyak dari kerabatnya dan juga dari berbagai situs travel. Ditanya tanggapannya, ia merasa takjub akan pesona alam di sana. Selain itu, kata dia, belum banyak orang sehingga sangat cocok untuk melepas penat dari kesibukan.
“Ini luar biasa, pemandangannya sangat indah, cocok untuk melepaskan kepenatan,” ujar pria yang kesehariannya bekerja di Perusahaan Danone, Prancis, ini.

Author

Krindomemo
Profil Krindomemo

Diterbitkan : PT. KRIDO MEMO SEJAHTERA SURABAYA

Direktur Utama: H. Syamsul Arif, SH.

Pimpinan Perusahaan: Marini.

Penanggung Jawab/Pemimpin Redaksi: H. Syamsul Arif, SH.

Dewan Penasehat: H. Suhadak

Dewan Redaksi: Syamsul Arif, Dony Dwi Candra.

Redaktur Pelaksana: Eko Hidayat.

Korlip Jatim: Karsudewo.

Team Investigasi: Supriyanto.

Wartawan: Sumantri, Atik, Yunus, Iwansyah, Harjo, Amelia Dwi Savitri, Suyanto, Kusaeni S. Sos, Nur Hadi, Husnul Maulana, Syamsul Arifin, Deliyah, Elvin Marvontius, Nurdi Satria, Eko Suyanto, Dwi Teguh Widodo, Abdul Manaf, Anwar, Supotro, Rahmat H, Ryan Haryanto, Fredy, Abdul Muis, Nafsiyah, Suwarno MS, Wawan Eka Prasetya, Sukadi, Sri Purwati, Ponidi.

Staff Redaksi: Yuneti, Desy Fatmawati, Dessy Himbarwana, Sri Kolimah, Kandar, Friska Alfan Fithroni, Ida Afidatul Aini.

Design Grafis/Layout: Eko Hidayat.

Kantor Redaksi: Jl. Veteran 144 - A, Lamongan.

Telp: 082245119111/08563388405

email: redaksi.harianmemo@gmail.com

Iklan Tengah Detail Berita 665x140px

Berita Terkait

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh

Komentar Facebook

Back to Top